Wednesday, 2 July 2014

Contoh RPP Kurikulum 2013 Bhs.Ingg Kelas VII (Speaking)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SMP
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : VII/1
                 Materi Pokok             : Teks lisan menyebutkan dan  menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
Alokasi Waktu           : 1 x 15 menit


A.   Kompetensi Inti
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.





B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
No
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
1.1



Mensyukuri  kesempatan dapat mempelajari  bahasa  Inggris sebagai bahasa  pengantar komunikasi internasional  yang  diwujudkan  dalam semangat belajar.
1.1.1        Mengungkapkan rasa syukur setiap saat mendapat kesempatan belajar bahasa Inggris
2.







2.2








Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.








2.2.1    Menjalankan tugas dengan baik saat menjadi pemimpin/anggota kelompok
2.2.2    Mengakui ketika membuat kesalahan
2.2.3    Tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri
2.2.4    Melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain.
3
3.3
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks untuk
menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
3.3.1    Mengidentifikasi nama hari, bulan, waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan waktu.

4
4.3
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

4.3.1    Menyebutkan nama hari, bulan, waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan waktu.


C.    TUJUAN PEMBELAJARAN:
Siswa berkomunikasi dalam bahasa Inggris untuk menjalin komunikasi transaksional dengan guru, teman-temannya, dan orang-orang disekitarnya dengan menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun secara jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab  dengan menggunakan struktur teks yang runtut dan unsur kebahasaan yang benar

D. MATERI PEMBELAJARAN
1. DAYS
 a.  Nama-nama hari
    http://www.englishexercises.org/makeagame/my_documents/my_pictures/2012/sep/A25_Learning-Materials--Chart-Days-Of-The-Week-17-X-22--FS-2353_L.jpg  

b. Penggunaan ‘before’ and ‘after’
1.    After  Sunday is Monday
2.    Tuesday is after Monday
3.    Friday is before Saturday
4.    Before Thursday is Wednesday

c. Activity dalam bentuk pertanyaan
1. What is the day before Saturday?           It is Friday
2. What day comes before Thursday?         Before Thursday is Wednesday
3. What is the day after Sunday?                After Sunday  is Monday
4. What day comes after Monday?              It  is Tuesday

2. MONTHS                                                                    
a.       Nama bulan
                        https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTpkZ_63iDGhdkNWhYiUXm-MT-EPV4Gjr6vdiO45QcXYh7RtAHf
b.      Penggunaan ‘before’ and ‘after’
1.    After January is February
2.    July is after June
3.    April is before May
4.    Before December is November

c.       Activity dalam bentuk pertanyaan
         1. What is the month after January?               After January  is February
         2. What month comes after June?                   It  is July
3. What is the month before May?                 It is April
         4. What month comes before May?                Before May is April

E.     METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan       : Scientific Approach
Strategi             : pengamatan, pemodelan, kerja berpasangan/ kelompok, mempraktekkan

F.     MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN:
Media: gambar
Sumber: “When English Rings the Bell”

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 (15 menit)
1.      Pendahuluan
a.    Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
b.   Guru menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris;
c.    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
d.   Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.

2.      Kegiatan Inti
              Mengamati (Observing)
·         Siswa menyimak gambar tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
Tahapan:
·         Siswa menemukan nama hari dan nama bulan
·         Siswa menirukan pengucapan nama hari dan nama bulan
·         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menggunakan nama hari, dan nama bulan, ke dalam kalimat (fungsi sosial, struktur teks, dan unsukebahasaan).
 Mempertanyakan (Questioning)
·            Siswa membuat pertanyaan berkaitan dengan gambar yang disimak
·            Guru menyampaikan pertanyaan penuntun (leading question) untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa tentang penggunaan nama-nama hari dan bulan secara kontekstual.

Mengeksplorasi
·           Siswa menyebutkan dan menanyakan nama hari dan nama bulan dalam konteks role-play.
·           Siswa berusaha menyebutkan dan menanyakan nama hari dan nama bulan dalam bahasa Inggris pada proses pembelajaran

Mengasosiasi
·           Siswa membandingkan antara menyebutkan dan menanyakan nama hari dan nama bulan dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.

Mengkomunikasikan
·           Siswa menggunakan nama hari dan nama bulan sudah dipelajari secara wajar setiap bertemu dengan guru dan teman dalam kegiatan sehari-hari di dalam dan di luar kelas.
·           Siswa melakukan evaluasi diri dengan menulis kendala-kendala dan hal-hal yang telah dikuasai dalam reflektif journal

3.       Penutup
·            Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran,
·            Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
·            Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
·            Memberikan tugas, baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik,
·            Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

H.    PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.      Tehnik Penilaian Sikap : Non test berupa pengamatan langsung
2.      Pengetahuan                  : Cloze test
3.      Keterampilan                 : Unjuk kerja (performance)

Kemampuan Berbicara (Speaking Skill)
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Score
1
Pengucapan (Pronounciation)
Hampir sempurna
5
Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna
4
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
3
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
2
Intonasi (Intonation)
Hampir sempurna
5
Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna
4
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
3
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
3
Kelancaran (Fluency)
Sangat lancar
5
Lancar
4
Cukup lancar
3
Kurang lancar
2
Tidak lancar
1
4
Ketelitian (Accuracy)
Sangat teliti
5
Teliti
4
Cukup teliti
3
Kurang teliti
2
Tidak teliti
1


…….,……………..
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran



_______________________                                                   _________________________


NIP. ...                                                                                    NIP. ..

No comments: