RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester :
IX / 1 (satu)
Materi Pokok :
Congratulation
Alokasi Waktu :
1 meeting (15 menit)
A.
Kompetensi Inti :
K1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
K2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsive dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
K3 : Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
K4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator :
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
|
1.
|
1.1
|
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai
bahasa pengantar komunikasi
internasional yang
diwujudkan dalam semangat
belajar.
|
1.1.1
Mengungkapkan rasa syukur setiap saat mendapat kesempatan belajar bahasa
Inggris
|
2.
3.
4
|
2.2
3.7
4.8
4.9
4.10
|
Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
Menganalisis fungsi social, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada teks Deskriptif sederhana tentang tempat wisata dan
bagunan bersejarah terkenal sesuai dengan konteks penggunaannya.
Menangkap
makna dalam teks deskriptif lisan dan tulis sederhana.
Menyunting teks deskriptif lisan dan
tulis sederhana tentang tempat wisata,
dan bangunan bersejarah terkenal dengan memperhatikan fungsi social, struktur
teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Munyusun teks deskriptif lisan dan
tulis sederhana tentang tempat wisata
dan bangunan bersejarah terkenal dengan memperhatikan tujuan , struktur teks
dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
|
2.2.1 Menjalankan tugas dengan baik saat menjadi
pemimpin/anggota
kelompok
2.2.2 Mengakui ketika membuat kesalahan
2.2.3 Tidak menyalahkan orang lain atas
tindakannya sendiri
2.2.4 Melakukan hal-hal yang dikatakan akan
dikerjakan tanpa diingatkan orang lain.
3.7.1
Mengidentifikasi generic structure dari teks
deskriptif.
3.7.2 Mengidentifikasi kata sifat (Adjectives).
3.7.3 Mengidentifikasi kalimat Simple Present
tense.
4.8.1
Menentukan kata sifat yang sesuai
untuk mendiskripsikan tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal.
4.9.1
Menerapkan kata sifat.
4.9.2
Menerapkan kalimat Simple Present
Tense.
4.10.1
Menerapkan kata sifat yang sesuai
untuk mendiskripsikan tempat wisata,
dan bangunan bersejarah terkenal.
|
C.
Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan
Pertama
1. Selama
proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan rasa syukur bisa mempelajari
bahasa Inggris sebagai pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
2. Selama
proses pembelajaran, siswa dapat
menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
antar pribadi dengan guru dan teman.
3. Selama
proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya
diri, kerjasama, tanggungjawab, peduli, dan cinta damai dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru / teman dan fungsional.
4. Setelah
pembelajaran teks deskripsi, siswa dapat
mendiskripsikan tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal dengan struktur kebahasaan yang benar secara
tertulis dan lisan.
D.
Materi Pembelajaran : Teks
deskriptif lisan dan tulis sederhana tentang tempat wisata dan
bangunan bersejarah terkenal.
E. Metode Pembelajaran :
Scientific (Observing, Questioning, Associating,Experimenting,and Networking).
F.
Kegiatan Pembelajaran :
Meeting 1
Materi :
Mendiskripsikan tempat wisata
Bahan Ajar :
dari Internet
Metode :
Demonstrasi, Diskusi, Tanya jawab.
Media :
Gambar tempat wisata Borobudur temple.
G.
Langkah – langkah pembelajaran :
Pendahuluan : Apersepsi (2’)
Menanyakan keadaan siswa.
Bertanya ttg tempat
yang sering dikunjungi siswa jika mereka
mempunyai waktu luang /
liburan.
I n t i : Mengamati : (10’)
Siswa mengamati gambar
tempat wisata Borobudur temple.
Mempertanyakan :
Siswa merespon pertanyaan
tentang dimana lokasinya, apakah sudah pernah mengunjungi atau belum, apakah
tempat itu menarik, dsb.
Mengekplorasi :
~ siswa memproduksi
kalimat simple present tense.
~ Siswa menyebutkan generic structure dari
teks deskriptif.
Mengasosiasi :
~ Siswa
menganalisa generic structure tentang descriptive text..
Mengkomunikasikan :
Siswa membuat teks
deskripsi tempat wisata.
Penutup : (3’)
~ Memberi
kesempatan siswa bertanya.
~ Menginformasikan
materi selanjutnya.
H. Penilaian
1.
Penilaian proses
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Tanggung jawab
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar Pengamatan
|
|
2
|
Peduli
|
||||
3
|
Kerjasama
|
||||
4.
|
Cinta damai
|
Lembar Pengamatan:
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
Nilai
|
|||||
Tanggung Jawab
|
Peduli
|
Kerja Sama
|
Cinta Damai
|
1
|
2
|
3
|
||
Kreteria Penilaian Sikap:
No
|
Tanggung Jawab
|
Skor
|
1
|
Melaksanakan tugas dengan baik tepat waktu.
|
3
|
2
|
Melaksanakan tugas tetapi tidak tepat waktu.
|
2
|
3
|
Tidak melaksanakan tugas
|
1
|
Peduli
|
||
1
|
Bersungguh-sungguh dalam memperhatikan dan ikut serta
dalam setiap kegiatan dalam proses pembelajaran
|
3
|
2
|
Sedikit bersungguh-sungguh dalam memperhatikan dan ikut
serta dalam setiap kegiatan dalam proses pembelajaran
|
2
|
3
|
Tidak
bersungguh-sungguh dalam memperhatikan dan ikut serta dalam setiap
kegiatan dalam proses pembelajaran
|
1
|
Kerja Sama
|
||
1
|
Bekerja sama dan proaktif dalam kelompok selama proses
pembelajaran
|
3
|
2
|
Tidak sepenuhnya dan kurang proaktif dalam kelompok
selama proses pembelajaran
|
2
|
3
|
Tidak bekerja sama dan proaktif dalam kelompok selama
proses pembelajaran
|
1
|
Cinta Damai
|
||
1
|
Menjaga kerukunan dalam kelompok selama proses
pembelajaran
|
3
|
2
|
Sedikit menjaga kerukunan dalam kelompok selama proses
pembelajaran
|
2
|
3
|
Tidak menjaga kerukunan dalam kelompok selama proses
pembelajaran
|
1
|
Keterangan :
3 = A
(Bagus)
2= B (Cukup)
1 = C
(Kurang)
2.
RUBRIK PENILAIAN WRITING.
No.
|
Kunci/Kriteria
jawaban/Aspek yang dinilai
|
Tingkat
|
Skor
|
1.
|
Isi
·
Amat memahami;
amat luas dan lengkap; amat terjabar; amat sesuai dengan kutipan.
·
Memahami; luas dan lengkap; terjabar; sesuai dengan
kutipan, meskipun kurang terinci.
·
Memahami secara
terbatas; kurang lengkap; kurang terjabar; kurang terinci.
·
Tidak memahami
isi; tidak mengena.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
27
– 30
22
– 26
17
– 21
13
– 16
|
2.
|
Organisasi
· Amat teratur dan rapi; amat jelas; kaya akan gagasan;
urutan amat logis; kohesi amat tinggi.
· Teratur dan rapi;
jelas; banyak gagasan;
urutan logis; kohesi tinggi.
· Kurang teratur dan rapi; kurang jelas; kurang gagasan; urutan kurang logis; kohesi kurang
tinggi.
· Tidak teratur;
tidak jelas; miskin gagasan; urutan tidak logis; tidak ada
kohesi.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
18
–20
14
– 17
10
– 13
7
- 9
|
3.
|
Kosakata
dan Diksi
· Amat luas; penggunaan amat efektif; amat menguasai
pembentukan kata; pemilihan kata amat tepat.
· Luas; penggunaan efektif; menguasai pembentukan kata;
pemilihan kata yang tepat.
· Terbatas; kurang efektif; kurang menguasai pembentukan
kata; pemilihan kata kurang tepat.
· Seperti terjemahan; tidak memahami pembentukan kata;
tidak menguasai kata-kata.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
18
–20
14
– 17
10
– 13
7
– 9
i.
|
4.
|
Bahasa (Tata Bahasa dan Struktur)
· Amat menguasai tata bahasa; amat sedikit kesalahan
penggunaan dan penyusunan kalimat dan kata-kata.
· Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit
kesalahan tata bahasa tanpa mengaburkan makna.
· Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat
sederhana; kesalahan tata bahasa yang mengaburkan makna.
· Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ;
tidak komunikatif.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
22
– 25
18
– 21
11
– 17
5
– 10
|
5.
|
Penulisan (Ejaan dan Tanda Baca)
· Amat menguasai
kaidah penulisan kata dan ejaan.
· Menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan
sedikit kesalahan.
· Kurang menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan,
dengan banyak kesalahan.
· Tidak menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan,
tulisan sulit dibaca.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
5
4
3
2
|
6.
|
Kerapian
· Terbaca,
bersih dan rapi.
· Terbaca, bersih, tapi tidak rapi.
· Terbaca, tidak bersih dan tidak rapi.
· Tidak terbaca, tidak bersih, dan tidak rapi.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
5
4
3
2
|
Jumlah Skor
Perolehan
Nilai Yang Diperoleh =
----------------------------------------- x 100
Jumlah
Skor Maksimum
…….,……………..
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
__________________ _____________________
NIP. ... NIP. ..
No comments:
Post a Comment