Wednesday, 2 July 2014

Contoh RPP SMP Kelas IX (Listening)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       :  SMP
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester         :  IX / 1 (satu)
Materi Pokok            :  Congratulation
Alokasi Waktu          :  1 meeting (15 menit)

A. Kompetensi Inti       :
K1       : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
K2       : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3       : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
K4       : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara  mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.







B. Kompetensi Dasar dan Indikator :
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
1.1



Mensyukuri  kesempatan dapat mempelajari  bahasa  Inggris sebagai bahasa  pengantar komunikasi internasional  yang  diwujudkan  dalam semangat belajar.
1.1.1        Mengungkapkan rasa syukur setiap saat mendapat kesempatan belajar bahasa Inggris
2.








3.





4
2.2








3.7





4.8




4.9







4.10
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.











Menganalisis fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks Deskriptif sederhana tentang tempat wisata dan bagunan bersejarah terkenal sesuai dengan konteks penggunaannya.


Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan dan tulis sederhana.


Menyunting teks deskriptif lisan dan tulis sederhana tentang  tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Munyusun teks deskriptif lisan dan tulis sederhana tentang  tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal dengan memperhatikan tujuan , struktur teks dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
2.2.1    Menjalankan tugas dengan baik saat menjadi pemimpin/anggota kelompok
2.2.2    Mengakui ketika membuat kesalahan
2.2.3    Tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri
2.2.4    Melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain.
3.7.1    Mengidentifikasi generic structure dari teks deskriptif.

3.7.2     Mengidentifikasi kata sifat (Adjectives).
3.7.3    Mengidentifikasi kalimat Simple Present tense.


4.8.1    Menentukan kata sifat yang sesuai untuk mendiskripsikan tempat wisata, dan bangunan  bersejarah terkenal.
4.9.1    Menerapkan kata sifat.
4.9.2    Menerapkan kalimat Simple Present Tense.


4.10.1  Menerapkan kata sifat yang sesuai untuk mendiskripsikan  tempat wisata, dan bangunan  bersejarah terkenal.
C. Tujuan Pembelajaran  :
Pertemuan Pertama
1.      Selama proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan rasa syukur bisa mempelajari bahasa Inggris sebagai pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.      Selama proses pembelajaran, siswa dapat  menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.      Selama proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, peduli, dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru / teman dan fungsional.
4.      Setelah pembelajaran teks deskripsi, siswa  dapat mendiskripsikan tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal dengan struktur kebahasaan yang benar secara tertulis dan lisan.

D. Materi Pembelajaran       :  Teks  deskriptif lisan dan tulis sederhana tentang tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal.

E. Metode Pembelajaran    :  Scientific (Observing, Questioning, Associating,Experimenting,and Networking).
F. Kegiatan Pembelajaran  :

Meeting   1

 Materi             : Mendiskripsikan tempat wisata
 Bahan Ajar     : dari Internet
 Metode           : Demonstrasi, Diskusi, Tanya jawab.
 Media             : Gambar tempat wisata Borobudur temple.

G. Langkah – langkah pembelajaran :

Pendahuluan    :  Apersepsi           (2’)
                        Menanyakan keadaan siswa.
                          Bertanya ttg tempat yang sering dikunjungi siswa jika mereka          
mempunyai waktu luang / liburan.
                       
 I n t i                 :  Mengamati   :     (10’)
Siswa mengamati gambar tempat wisata Borobudur temple.

Mempertanyakan   : 
Siswa merespon pertanyaan tentang dimana lokasinya, apakah sudah pernah mengunjungi atau belum, apakah tempat itu menarik, dsb.

Mengekplorasi   :
~ siswa memproduksi kalimat simple present tense.
 ~ Siswa menyebutkan generic structure dari teks deskriptif.

Mengasosiasi   :
~ Siswa menganalisa generic structure tentang descriptive text..

Mengkomunikasikan  :
Siswa membuat teks deskripsi tempat wisata.

 Penutup         :        (3’)
                            ~ Memberi kesempatan siswa bertanya.
                            ~ Menginformasikan materi selanjutnya.

H. Penilaian
1.       Penilaian proses
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Tanggung jawab
Pengamatan
Proses

Lembar Pengamatan

2
Peduli
3
Kerjasama
4.
Cinta damai

Lembar Pengamatan:
No
Nama Siswa
Sikap
Nilai


Tanggung Jawab
Peduli
Kerja Sama
Cinta Damai
1
2
3



















Kreteria Penilaian Sikap:

No
Tanggung Jawab
Skor
1
Melaksanakan tugas dengan baik tepat waktu.
3
2
Melaksanakan tugas tetapi tidak tepat waktu.
2
3
Tidak melaksanakan tugas
1

Peduli

1
Bersungguh-sungguh dalam memperhatikan dan ikut serta dalam setiap kegiatan dalam proses pembelajaran
3
2
Sedikit bersungguh-sungguh dalam memperhatikan dan ikut serta dalam setiap kegiatan dalam proses pembelajaran
2
3
Tidak  bersungguh-sungguh dalam memperhatikan dan ikut serta dalam setiap kegiatan dalam proses pembelajaran
1

Kerja Sama

1
Bekerja sama dan proaktif dalam kelompok selama proses pembelajaran
3
2
Tidak sepenuhnya dan kurang proaktif dalam kelompok selama proses pembelajaran
2
3
Tidak bekerja sama dan proaktif dalam kelompok selama proses pembelajaran
1

Cinta Damai

1
Menjaga kerukunan dalam kelompok selama proses pembelajaran
3
2
Sedikit menjaga kerukunan dalam kelompok selama proses pembelajaran
2
3
Tidak menjaga kerukunan dalam kelompok selama proses pembelajaran
1
     Keterangan :
3 =  A      (Bagus)
2=  B      (Cukup)
1 =  C      (Kurang)

2. RUBRIK PENILAIAN WRITING.
No.
Kunci/Kriteria jawaban/Aspek yang dinilai
Tingkat
Skor
1.
Isi
·     Amat memahami; amat luas dan lengkap; amat terjabar; amat sesuai dengan kutipan.
·     Memahami;  luas dan lengkap; terjabar; sesuai dengan kutipan, meskipun kurang terinci.
·     Memahami secara terbatas; kurang lengkap; kurang terjabar; kurang terinci.
·     Tidak memahami isi; tidak mengena.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang

27 – 30

22 – 26

17 – 21

13 – 16

2.
Organisasi
·     Amat teratur dan rapi; amat jelas; kaya akan gagasan; urutan amat logis; kohesi amat tinggi.
·     Teratur dan rapi;  jelas; banyak  gagasan; urutan  logis; kohesi  tinggi.
·     Kurang teratur dan rapi;  kurang jelas; kurang  gagasan; urutan kurang logis; kohesi kurang tinggi.
·     Tidak teratur;  tidak  jelas; miskin  gagasan; urutan tidak logis; tidak ada kohesi.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang

18 –20

14 – 17

10 – 13

7 - 9
3.
Kosakata dan Diksi
·     Amat luas; penggunaan amat efektif; amat menguasai pembentukan kata; pemilihan kata amat tepat.
·     Luas; penggunaan efektif; menguasai pembentukan kata; pemilihan kata yang tepat.
·     Terbatas; kurang efektif; kurang menguasai pembentukan kata; pemilihan kata kurang tepat.
·     Seperti terjemahan; tidak memahami pembentukan kata; tidak menguasai kata-kata.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang

18 –20

14 – 17

10 – 13

7 – 9

i.                                             
4.
Bahasa (Tata Bahasa dan Struktur)
·      Amat menguasai tata bahasa; amat sedikit kesalahan penggunaan dan penyusunan kalimat dan kata-kata.
·      Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit kesalahan tata bahasa tanpa mengaburkan makna.
·      Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; kesalahan tata bahasa yang mengaburkan makna.
·      Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ; tidak komunikatif.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang


22 – 25

18 – 21

11 – 17

5 – 10


5.
Penulisan (Ejaan dan Tanda Baca)
·      Amat  menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan.
·      Menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan sedikit kesalahan.
·      Kurang menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan banyak kesalahan.
·      Tidak menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, tulisan sulit dibaca.

Amat baik
Baik
Sedang

Kurang

5
4

3

2
6.
Kerapian
·      Terbaca, bersih dan rapi.
·      Terbaca,  bersih, tapi tidak  rapi.
·      Terbaca, tidak bersih dan tidak rapi.
·      Tidak terbaca, tidak bersih, dan tidak rapi.

Amat baik
Baik
Sedang
Kurang

5
4
3
2

Jumlah Skor Perolehan

Nilai Yang Diperoleh = ----------------------------------------- x 100
                                         Jumlah Skor Maksimum







…….,……………..
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran



__________________                                                _____________________
NIP. ...                                                                     NIP. ..


No comments: